Begini Adab Mendidik Anak Dalam Islam

Islam mengajarkan cara dalam menjalani berbagai kehidupan, termasuk salah satunya dalam mendidik anak. Bagaimana islam mengajarkannya? Simak uraian mengenai adab mendidik anak dalam islam di bawah ini.

Adab Mendidik Anak Dalam Islam

Islam memiliki caranya sendiri dalam mendidik anak, karena dalam islam anak memiliki peranan yang sangat berarti dan juga memiliki kedudukan khusus. AlQuran dan Hadist telah menyebutkan dengan jelas bagaimana adab mendidik anak yang baik dalam islam, seperti :

  • Memberi Pendidikan Agama

Pendidikan agama, akhlak dan aqidah adalah hal utama yang harus diajarkan dalam mendidik anak, karena akhlak dan aqidah merupakan pondasi keislaman bagi anak hingga kelak sepanjang hidupnya.

Hal ini berdasarkan hadist Rasulullah di bawah ini :

“Tidak ada sesuatu yang paling berat dalam timbangan seorang mukmin pada hari Kiamat nanti selain akhlak mulia.” (HR. At-Tirmidzi)

  • Dengan Kelembutan

Gunakanlah kelembutan saat berkomunikasi dengan anak. Hal ini berdasarkan perintah Rasulullah SAW berikut ini :

“Dari ‘Aisyah RA semoga Allah SWT meridhai beliau bahwa sesungguhnya dia berkata: Rasulullah SAW bersabda: ‘Jika Allah SWT menginginkan kebaikan bagi anggota rumah tangga, Dia akan memasukkan kelembutan kepada mereka’ (HR. Imam Ahmad).”

Seorang anak akan mencintai orang tua yang lemah lembut dan memperhatikannya. Berusahalah jangan sampai teriak atau bicara keras terhadap anak. Didiklah anak dengan penuh kelembutan dan kesabaran.

  • Kelembutan Tak Berarti Tidak Menghukum Saat Melakukan kesalahan

Walaupun mendidik dan memperlakukan anak harus dengan kelembutan, tapi bukan berarti sebagai orang tua Anda kalah pada anak.

Hukumlah anak bila memang sudah tidak bisa dinasehati serta perintah dan larangan Anda sebagai orang tua tidak digubrisnya.

Berikan hukuman yang bermanfaat. Misalnya bila seorang anak menghabiskan banyak waktu untuk bermain game di HP hingga melupakan ibadah dan belajar, serta tidak bisa dinasehati.

Anda bisa menghukumnya dengan melarangnya bermain HP seharian, namun bila tidak digubris Anda bisa lanjutkan dengan menghukumnya tidak boleh main HP beberapa hari. Hukuman itu agar anak bisa lebih mengutamakan belajar dan tidak meninggalkan ibadah.

  • Memberi Contoh yang Baik

Sebagai orang tua harus memiliki akhlak dan contoh yang baik pada anak sebelum mengajarkan dan mendidik anak. Tunjukkanlah perbuatan yang baik di depan anak.

Bila Anda ingin anak Anda rajin sholat, mengaji, dan perbuatan baik lainnya Anda juga harus menerapkannya di depan anak. Dengan begitu anak Anda akan mengikuti kebiasaan dan perbuatan baik Anda.

Begitulah adab mendidik anak dalam Islam, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan agama Anda.