Ketahui Proses Ta’aruf Berapa Lama Dalam Islam

Proses Ta’aruf Berapa Lama – Agama Islam mengajarkan adanya larangan dan batasan pergaulan antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram. Seperti larangan untuk saling memandang dan menyentuh. Dan islam mengaturnya dengan cara ta’aruf, lalu berapa lama kah ta’aruf itu? Simak penjelasannya di bawah ini.

Memahami Masa Proses Ta’aruf

Sebelum Anda tahu berapa lama proses ta’aruf, Anda ketahui dan pahami dulu lebih jauh arti ta’aruf yang sebenarnya dalam islam.

Ta’aruf artinya masa saling mengenal lebih jauh antara laki – laki dan perempuan yang memiliki tujuan untuk kejenjang pernikahan. Ta’aruf berbeda dengan pacaran, dan menurut syar’i ta’aruf diperintahkan Rasulullah untuk pasangan laki-laki dan perempuan yang ingin menikah.

Dalam islam, ta’aruf memiliki tujuan dan manfaat. Ta’aruf akan membuat seseorang terhindar dari perbuatan negatif karena tidak diperbolehkan berdua-duaan dalam masa ta’aruf.

Bila bertemu harus ada yang menemani misalnya saudara atau orang tua. Tentu hal ini dianggap lebih aman dan terhindar dari perbuatan maksiat.
Selama menjalani masa ta’aruf laki – laki dan perempuan diwajibkan untuk saling mencari tahu lebih dalam antara satu dan lainnya dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Proses Ta’aruf Berapa Lama

Berapa lama masa ta’aruf sebenarnya tidak dapat ditentukan dengan pasti, semua tergantung dari kedua pihak. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam masa proses ta’aruf, seperti jangan terlalu lama karena berlama-lama menjalani masa ta’aruf bisa membuat cela setan untuk menggoda manusia.

Jangan terlalu lama namun bukan berarti dalam waktu yang tergesa-gesa, dan tidak mencari tahu mengenai satu dengan lainnya.

Dibutuhkan pemahaman, kerjasama, pengenalan sifat dan karakter antara satu dan yang lainnya. Bila ada satu karakter atau hal yang tidak sesuai, maka bisa dibicarakan atau dikompromikan.

Jadi, waktu ideal proses ta’aruf bagi calon pasangan sebelum menikah itu adalah tidak terlalu lama dan tidak tergesa-gesa, serta disesuaikan pula dengan kesiapan kedua belah pihak.

Itulah informasi mengenai proses ta’aruf berapa lama bagi Anda yang ingin menjalani masa ta’aruf sebelum ke jenjang pernikahan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.