Inilah Keutamaan Shaf Pertama Dalam Shalat Jumat

Keutamaan Shaf Pertama Dalam Shalat Jumat – Shalat Jumat merupakan kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan bagi laki-laki. Dalam shalat Jumat terdapat beberapa keutamaan, di antaranya mendapat banyak pahala, ridho serta kebaikan dari Allah SWT. Terdapat pula keutamaan yang terletak pada barisan pertama ketika shalat Jumat yang harus diketahui seorang laki-laki.

Keutamaan Shaf Pertama Dalam shalat Jumat

Pada saat melaksanakan shalat Jumat seorang laki-laki diutamakan untuk hadir ke masjid lebih awal dan mendapat barisan shaf pertama.

Keutamaan dan pahala yang didapat pada shaf pertama adalah sama dengan pahala berqurban seekor unta. Hal ini berdasarkan hadis Rasulullah SAW seperti di bawah ini :

“Barang siapa mandi di hari Jumat seperti mandi janabah, kemudian dia berangkat ke masjid, maka dia seolah telah berqurban seekor unta. Barang siapa yang datang pada waktu kedua maka dia seolah berqurban dengan seekor sapi. Barang siapa yang datang pada waktu ketiga maka dia seolah berqurban seekor kambing yang bertanduk. Barang siapa yang datang pada waktu keempat maka dia seolah berqurban dengan seekor ayam. Dan barang siapa yang datang pada waktu kelima maka dia seolah berqurban dengan sebutir telur. Dan apabila imam sudah keluar untuk memberi khutbah, maka para malaikat hadir mendengarkan dzikir (khutbah tersebut).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam sebuah hadist Rasulullah juga mengingatkan umatnya, bahwa jarak manusia dengan Allah saat kiamat tergantung dari cepatnya datang ke masjid untuk shalat Jumat.

Keutamaan dan pahala shalat Jumat lainnya yang didapat saat menyegerakan berangkat ke masjid, yaitu dimana setiap langkah ke masjid untuk menjalankan shalat Jumat sama dengan pahala puasa dan shalat selama setahun.

Hal ini berdasarkan hadist Rasulullah berikut ini :

“Barangsiapa mandi pada hari Jumat dengan mencuci kepala serta anggota badan lainnya, kemudian ia pergi di awal waktu dan mendapati khutbah pertama, lalu ia mendekat pada imam, mendengarkan khutbah serta diam, maka setiap langkah kakinya dihitung seperti puasa dan shalat setahun.” (HR. Tirmidzi).

Itulah keutamaan shaf pertama dalam shalat Jumat, yang pahalanya sama dengan berqurban seekor unta serta setiap langkahnya sama dengan pahala puasa dan shalat setahun.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan agama Anda.