Sunnah Khutbah Jumat yang Wajib Anda Ketahui

Sunnah Khutbah Jumat – Khutbah merupakan poin penting yang ada di dalam shalat Jumat. Ia biasa dilakukan dua kali sebelum dimulainya salat dan disempurnakan dengan sunnah khutbah Jumat.

Lantas apa saja yang masuk dalam sunnah dan syarat khutbah shalat Jumat?

Sunnah khutbah Shalat Jumat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, khutbah salat Jumat dilakukan dalam dua kali sebelum salat dimulai. Yang mana antara khutbah pertama dan kedua dipisahkan dari duduknya khatib.

Khutbah merupakan hal wajib yang harus ada dalam salat Jumat. Agar lebih sempurna, ia biasanya diimbangi dengan sunah-sunah dan bacaan khutbah Jumat seperti di bawah ini:

  • Harus dilakukan di atas mimbar Masjid

Sunnah ini telah diriwayatkan dari Imam Bukhari serta Imam Muslim. Dalam riwayatnya, ia menyampaikan bahwa Nabi Muhammad SAW selalu melakukan khutbah Jumat di atas mimbar masjid.

Hal ini bertujuan agar apa yang disampaikan Nabi dapat secara jelas diterima oleh jemaah hingga bagian belakang. Tak hanya itu, mimbar juga harus berada di sisi kanan imam dengan posisi yang agak lebih tinggi.

  • Khatib khutbah Jumat harus berhadap dengan jemaah

Sunnah ini juga ada dalam riwayat Adi Bin Tsabit yang mana beliau menuturkan dari apa yang sering dilihat oleh sang ayah. Dalam keterangannya ia mengatakan bahwa sang ayah selalu melihat Nabi Muhammad berkhutbah dengan menghadap jemaah.

  • Mengumandangkan azan sebelum masuk waktu khotbah

Mungkin ada sedikit perbedaan dengan sunnah yang satu ini. Karena pada kenyataannya di Indonesia ada juga yang hanya mengumandangkan azan satu atau dua kali sebelum khutbah.

Perbedaan ini sangatlah wajar, karena hal ini terjadi pula di zaman Nabi. Pada zaman Nabi, awalnya hanya satu kali azan. Namun pada zaman Usman justru ditambah satu kali azan.

Ini karena makin banyaknya umat yang berdatangan untuk menunaikan salat jumat sehingga imam memberikan kesempatan pada jemaah lain untuk bersiap.

  • Membaca Khutbah Dengan Suara yang Lantang

Selain ketiga sunnah diatas, ada sunnah khutbah Jumat lain yaitu membaca khutbah dengan suara yg lantang. Ini bertujuan agar materi yang disampaikan dapat didengar dengan jelas oleh para jemaah.

  • Ucapkan Salam Sebelum Khutbah

Sebelum melakukan khutbah, khatib harus mengucapkan salam terlebih dahulu. Setelah salam barulah menyampaikan materi khutbah yang tak terlalu panjang namun tidak juga terlalu singkat.

Selain itu, syarat materi khutbah juga harus mengandung makna dan mudah untuk dipahami. Terakhir, jarak duduk (khatib) antara dua khutbah sama dengan durasi membaca surat Al-Ikhlas.

Liburankemanaya.com

Itulah ulasan seputar sunnah khutbah Jumat yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga : Batas Aurat Laki – Laki Dalam Islam

Jangan lupa untuk share artikel ini agar banyak orang yang tahu tentang apa saja sunnah-sunnah salat Jumat.