Keutamaan Dalam Sunnah Memelihara Jenggot Untuk Kaum Laki-laki

Sunnah Memelihara Jenggot – Bagi pria muslim, menumbuhkan jenggot adalah sebuah sunnah yang ajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Sunnah memelihara jenggot ini terdapat dalam hadits dan merupakan sebuah fitrah untuk kaum laki-laki.

Lantas apa keutamaan dalam sunnah memelihara jenggot dalam Islam?

Keutamaan Sunnah Memelihara Jenggot Menurut Islam

Rasulullah menyebutkan dalam sebuah hadits bahwa jenggot adalah fitrah manusia. Hadits tersebut berbunyi:

عَشْرٌ مِنْ الْفِطْرَةِ قَصُّ الشَّارِبِ وَإِعْفَاءُ اللِّحْيَةِ وَالسِّوَاكُ وَاسْتِنْشَاقُ الْمَاءِ وَقَصُّ الْأَظْفَارِ..

Yang mana artinya adalah:
“Sepuluh perkara yang termasuk fitrah: Memotong kumis, memelihara jenggot, bersiwak, memasukkan air ke dalam hidung, memotong kuku….” (HR. Muslim)

Dan dari hadis tersebut, memelihara jenggot rupanya memiliki banyak keutamaan. Keutamaan memelihara jenggot antara lain adalah dapat memelihara kelembapan kulit.

Ini disebabkan karena folikel atau bulu pada janggut terbukti dapat menghasilkan minyak. Minyak ini nantinya akan melindungi kulit serta menjaga kelembabannya.

Selain itu, manfaat memelihara jenggot untuk kaum laki-laki adalah untuk menghindari terjadinya infeksi (bakteri). Bulu-bulu yang ada pada janggut juga dapat menjadi penghalau polutan dan debu.

Masih dalam segi kesehatan, keutamaan memelihara jenggot rupanya juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Ini disebutkan dalam sebuah penelitian yang mana menumbuhkan jenggot dapat membuat kulit lebih hangat.

Dengan suhu yang rendah ini, dapat serta merta memberikan dampak pada kulit Anda. Dimana dampaknya adalah menjadikan kulit terlihat lebih kencang dan awet muda.

Baca : Sunnah Khutbah Jumat Yang Harus Diketahui

Penelitian tentang jenggot juga menyebutkan bahwa memelihara jenggot dapat mencegah terjadinya penyakit asma. Hal ini dikarenakan rambut-rambut halus pada janggut tersebut berfungsi untuk menyaring kotoran dan debu.

Dengan adanya jenggot, kotoran dan debu tidak akan dapat naik ke dalam hidung. Sehingga dampaknya akan sangat baik terhadap sistem pernapasan laki-laki.

Terakhir, jenggot laki-laki yang dibiarkan tumbuh juga berdampak pada minimnya risiko menderita sakit gigi dan gusi. Ini karena rambut pada jenggot dapat secara efektif melindungi gigi dan gusi dari bakteri.

Nah, setelah membaca seputar keutamaan dalam sunnah memelihara jenggot harusnya anda sudah tidak ragu lagi kan ya. Terlebih dari segi penampilan memelihara jenggot juga membuat laki-laki terlihat maskulin. Dengan catatan dirawat dengan baik.